Kapolsek Minas Hadiri Rapat Koordinasi Antisipasi dan penanggulangan Karhutla di Wilayah Kecamatan Minas 

Rabu, 03 Mei 2023 - 12:01:22 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.COM | Bertempat diruang  Serbaguna Kantor Camat Minas, Jl.Yos Sudarso Km.26 Kel.Minas Jaya Kec.Minas Kab.Siak, telah dilakukan Giat Rapat Koordinasi Antisipasi dan penanggulangan Karhutla di Wilayah Kec. Minas, Rabu (03/05/2023) sekira pukul 09.20 WIB.

Turut Hadir dalam Giat itu Camat Minas DICKY SYOFYAN,S.STP, Kapolsek Minas AKP Wan Mantazakka, S.H., M.H, Danramil Minas diwakili oleh Serma Muhammad Nasir. Da ops Manggala Agni dan KLHK Pekanbaru Chairul G, Kanit Patroli Polsek Minas AKP D.A Simangunsong, Kanit Reskrim Polsek Minas Iptu Musa Sibarani, Spsi, Msi, Panit Opsnal Intelkam Polsek Minas Ipda Andi Anis. Panit Yanmin Unit Intelkam Polsek Minas Aipda Fariader,SH,  Para Bhabinkamtibmas Jajaran Polsek Minas. Para Babinsa Jajaran Koramil Minas, Lurah Minas Jaya Rudi Hartono, Para Penghulu Kampung se Kec.Minas. Ketua Bapekam Kampung se Kec.Minas. Linmas Kampung Minas Timur. Pertamina Fire Fighter Brigade. MPA Kampung Minas Timur. MPA Kampung Mandi Angin. RPK Damkar Rasau Kuning Pt.Arara Abadi. Satpol PP Kecamatan Minas. Tokoh Masyarakat Kec.Minas Donni Candra.

"Dilakukannya Rapat Koordinasi itu adalah untuk membahas dan mendengarkan saran-saran dan masukan serta diskusi dari Team Karlahut untuk Koordinasi Antisipasi dan penanggulangan Karhutla di Wilayah Kec.Minas," ujar AKP Wan Mantazakka SH MH.

Adapun Hasil Rapat Koordinasi Antisipasi dan penanggulangan Karhutla yang dilakukan yakni Perlu untuk membentuk Group WA tentang Informasi kebakaran di wilayah Kec.Minas.

"Harus perlu dan selalu untuk menjalin komunikasi dilapangan, serta Penguatan koordinasi dan sinergitas antar Stac Holder dan perangkat Kampung dan Kecamatan," katanya.

Kemudian Perlu dilakukan pemantauan penting terhadap daerah perbatasan antara Kec.Tapung - Koto Garo dengn Kampung Rantau Bertuah dan Kec.Tualang dengan Kampung Mandiangin dan Minas Barat.

Untuk Fire fighter PT. Pertamina, wilayah yang dapat dipadamkan adalah disemua kampung wilayah Kec.Minas sampai dengan batas simpang gelombang Kec.Kandis Kab.Siak, apabila ada terjadi kebakaran silahkan untuk menghubungi No. telpon Pemadam kebakaran/ Fire Pt.Pertamina dgn No Contak : 08001800123

Kemudian Mengubah strategi pengendalian karhutla dengan mengutamakan kegiatan pencegahan dengan mendorong upaya2 pencegahan Karhutla.

Melakukan kan pendataan terhadap daerah-daerah rawan karhutla serta potensi karhutla, daerah mana saja yang harus diwaspadai serta antisipasi dalam menghadapi dan mencegah karhutla disaat musim kemarau.

Harus bersama-sama untuk berjibaku dalam penanggulangan dan penanganan Karhutla Di wilayah Kec.Minas yg mana daerah Kec.Minas adalah daerah rawan kebakaran, jadi kita harus bersama2 dgn Para Babinsa dan Para Bhabinkamtibmas untuk terus dapat menghimbau dan mensosialisasikan masyarakat Minas agar selalu mewaspadai tindakan dan kegiatannya yaitu melarang membersihkan lahan dengan cara dibakar.

Agar dapat memonitoring cuaca dan iklim, perlunya berbagai antisipasi dan mitigasi. Dengan dukungan segenap masyarakat di Kec.Minas antisipasi dan pencegahan bencana karhutla dapat tercapai.

Untuk wilayah Kampung Mandi Angin, apabila terjadi kebakaran, penghulu Mandi Angin siap untuk mengalokasi anggaran untuk biaya makan dan minum team pemadam kebakaran. 

Untuk itu, mari kita bersama-sama  menjaga hutan dan lahan agar udara tetap layak dihirup di masa depan, serta bersama-sama, saling bersinergi menanggulangi dan mencegah Karhutla Khususnya di wilayah Kec.Minas.

"Dan sekira pukul 11.00 Wib, Giat Rapat Koordinasi Antisipasi dan penanggulangan Karhutla di Wilayah Kec.Minas telah selesai dilaksanakan dan selama giat berlansung, situasi terdapat dalam keadaan aman dan kondusif," pungkasnya.***

Laporan : Idris Harahap 


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex